Serah terima penghargaan kepada desa dan Kecamatan tercepat dalam pelunasan PBB - P2 tahun 2016


Pada sela sela acara Coffee Morning PJ Bupati Banjarnegara, Prijo Anggoro budi rahardjo, SH, M.Si, bersama Sekretaris Daerah dan seluruh Kepala SKPD tanggal 23 November 2016 bertempat di Pendopo Dipayuda Adigraha Banjarnegara,  dilangsungkan serah terima penghargaan dari Pemkab Banjarnegara berupa uang dan barang kepada sejumlah desa dan Kecamatan yang tercepat dalam pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB - P2) tahun 2016.

Pada kesempatan tersebut, PJ Bupati Banjarnegara meminta kepada pejabat Dinas Pendapatan, Pengelolaaan Keuangan dan Aset Daerah  (DPPKAD Banjarnegara) yang menangani PBB P2 beserta tim PBB tingkat kecamatan maupun desa  atau kelurahan memiliki semangat dalam melaksanakan pengelolaaan PBB P2. Anggoro juga berharap agar prestasi yang telah dicapai untuk dipertahankan serta ditingkatkan lagi, serta untuk menerima pengalihan pengelolaan pemungutan PBB-P2 dengan dukungan dari semua pihak.

“Kami secara pribadi maupun mewakili Pemkab Banjarnegara mengucapkan selamat dan terima kasih atas prestasi yang telah dicapai oleh Kelurahan/Desa/Kecamatan dalam merealisasikan pemungutan PBB untuk sektor pedesaan serta perkotaan tahun 2016 tepat pada waktunya,”kata Anggoro.

“Saya berharap seluruh elemen pemkab, dapat menjadi tauladan bagi masyarakat dengan membayar PBB tepat waktunya,” lanjutnya.

Kepala Bidang PBB BPHTB DPPKAD Kabupaten Banjarnegara, Siti Mutmainah, mengatakan bahwa penyerahan hadiah dan penghargaan tersebut dalam rangka untuk memberikan motivasi serta dorongan kepada aparat kelurahan, desa, kecamatan dan pemungut PBB-P2 untuk lebih optimal, sehingga diharapkan pada kesempatan yang akan datang dapat lunas tepat pada waktunya. Disebutkan juga bahwa penyerahan hadiah ini sesuai Surat Keputusan Bupati Banjarnegara no. 971.11/1264 Tahun 2016 Tentang Penetapan dan Pemberian Penghargaan/Hadiah Kepada Kecamatan Dan Kelurahan/Desa Lunas Tercepat Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Kabupaten Banjarnegara Tahun 2016 Serta Desa/Kelurahan Lunas pada tanggal 1 Maret 2016.

Berikut daftar Kecamatan Dan Kelurahan/Desa Lunas Tercepat Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Kabupaten Banjarnegara Tahun 2016.

Baku PBB diatas Rp. 750.000.000,-
Juara 1 Kecamatan Susukan
Juara 2 Kecamatan Rakit
Juara 3 Kecamatan Bawang
Juara 4 Kecamatan Purwareja Klampok

Baku PBB sampai dengan Rp. 750.000.000,-
Juara 1 Kecamatan Banjarmangu
Juara 2 Kecamatan Wanadadi
Juara 3 Kecamatan Pandanarum
Juara 4 Kecamatan Sigaluh

Baku PBB sampai dengan Rp. 50.000.000,-
Juara 1 Desa Penanggungan, Kecamatan Wanayasa
Juara 2 Desa Rejasari, Kecamatan Banjarmangu
Juara 3 Desa Prendengan, Kecamatan Banjarmangu

Baku PBB diatas Rp. 50.000.000,- sampai dengan Rp. 100.000.000,-
Juara 1 Desa Sipedang, Kecamatan Banjarmangu
Juara 2 Desa Kutayasa, Kecamatan Bawang
Juara 3 Desa Kebondalem, Kecamatan Bawang

Baku PBB diatas Rp. 100.000.000,- sampai dengan Rp. 150.000.000,-
Juara 1 Desa Blambangan, Kecamatan Bawang
Juara 2 Desa Kalilandak, Kecamatan Purwareja Klampok
Juara 3 Desa Adipasir, Kecamatan Rakit

Baku PBB diatas Rp. 150.000.000,-
Juara 1 Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan
Juara 2 Desa Klampok, Kecamatan Purwareja Klampok
Juara 3 Desa Purwareja, Kecamatan Purwareja Klampok

Penghargaan juga diberikan kepada Desa Pakelen Kecamatan Madukara dan Desa Kalilunjar Kecamatan Banjarmangu yang lunas tepat pada 1 Maret 2016.

“Kedua Desa Tersebut mempunyai ketetapan  sebesar Rp. 23.875.446 dan Desa Kalilunjar dengan ketetapan Rp. 32.600.418,” pungkas Sekretaris Daerah Fahrudin Slamet Susiadi pada sela sela acara, *(woko)


"5" Komentar



zaenal
hadiahnya berupa apa pak ? apakah untuk hadiah diambilkan juga dari pajak tersebut ?


ahmad zaenuri
apakah bisa dibenarkan bahwa desa membayar pajak pbb dan bphtb warga dengan menggunakan dana kas desa (nomboki) dulu hanya demi memperoleh predikat terbaik dan mendapatkan penghargaannya?mohon penjelasan


*Admin
Untuk Saudara @Zaenal Sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor 971.11/1264 Tahun 2016 hadiah diberikan kepada Desa/Kelurahan lunas tercepat berupa barang dan uang. Sedang untuk kecamatan berupa barang saja. Sumber dana untuk pemberian hadiah dari APBD Kabupaten Banjarnegara tahun 2016. Untuk Saudara @Ahmad Zaenuri Terkait dengan dana kas desa untuk nomboki dulu, tidak diatur dalam Permendagri nomor 113 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa maupun Peraturan Bupati nomor 55 tahun 2015 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Sehingga apabila ada pengeluaran desa seperti tersebut tidak dibenarkan. Sedangkan PBB dan BPHTB adalah merupakan kewajiban dari setiap warga negara yang memenuhi syarat sebagai Wajib Pajak. Sehingga setiap ketetapan Pajak baik itu PBB, BPHTB ataupun ketetapan pajak daerah yang lainnya merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap Wajib Pajak itu sendiri, dan untuk PBB pelaksanaan penyetoran dapat melaui petugas pemungut ditingkat Desa/Kelurahan.


Faiz
Usul boleh ya pak....wajib pajak dikasih hadiah juga dengan cara diundi seperti pajak kendaraan bermotor.


CHODIM HASAN
Untuk Desa Bedana Kecamatan Kalibening ada Masarakat yang bilang belum lunas,BETUL APA BETUL?



Berikan Komentar Anda